Nama : Sintia Agustin
Kelas : 2DF02
Npm : 57216065
TUGAS 1 (KOMUNIKASI BISNIS)
KOMUNIKASI BISNIS
Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli
Djoko Purwanto
Menurut Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan didalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna capai suatu target tertentu.
William Albig
Menurut William Albig, Komunikasi Bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang punya target tertentu yang dihidangkan secara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal.
William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty
Menurut William C.Himstreet dan Wyne Murlin Baty, Proses pertukaran Info antar individu melalui proses yang umum baik itu bersama dengan simbol, sinyal atau prilaku dan tindakan.
Cutris
Menurut Cutris, Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang terdapat didalam organisasi bisnis didalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membawa dampak keputusan.
Katz
Menurut Katz, Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang tentang bersama dengan pencapaian serangkaian target komersil.
Philip Kolter
Menurut Philip Kolter, Komunikasi Bisnis adalah suatu kesibukan manusia yang ditujukan untuk memuaskan keperluan dan permohonan melalui peroses pertukaran.
Persing
Menurut Persing, Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian makna melalui lambang yang meliputi total unsur yang terkait bersama dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik didalam bentuk tulisan, lisan, atau non-verbal yang dikerjakan di didalam suati organisasi untuk membayar orang guna produksi jasa dan barang bersama dengan target supaya beroleh keuntungan.
Rosenbalt
Menurut Rosenbalt, Komunikasi Bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide/opini, intruksi dsb, yang dikemukakan baik secara personal maupun non-personal melalui lambang dan sinyal guna capai target perusahaan.
Hunghess dan Kapoor
Menurut Hunghess dan Kapoor, Komunikasi Bisnis adalah suatu kesibukan atau bisnis individu yang terorganisir untuk menghasilkan, menjual barang dan jasa bersama dengan target untuk mendapat keuntungan dan sadar keperluan masyarakat.
tujuan utama dari komunikasi bisnis.
1. Informing
Tujuan yang pertama ialah informing atau memberikan informasi. Dengan komunikasi bisnis sebuah perusahaan dapat menyampaikan informasi mengenai informasi perusahaan tersebut kepada klien dan konsumennya agar tertarik pada perusahaan tersebut. Dapat dikatakan pula bahwa proses pemberian informasi ini merupakan salah satu teknik pemasaran agar perusahaan lebih dikenal dan barang atau jasanya dapat diterima dengan baik.
2. Persuading
Tujuan yang kedua ialah persuading atau memberikan persuasi. Persuading ini bertujuan agar terjadi pertukaran pendapat, gagasan, ide, atau informasi diantara kedua belah pihak untuk mencapai satu tujuan. Persuasi dibutuhkan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan dalam bisnis. Maka dalam hal ini kedua belah pihak sama-sama mendapatkan keuntungan.
3. Collaborating
Tujuan akhir dari komunikasi bisnis ialah collaborating atau melakukan kolaborasi atau kerja sama. Setelah memberikan informasi yang jelas mengenai perusahaan dan melakukan negosiasi atau pertukaran dengan perusahaan lain atau konsumen dapat terjalin kerja sama.
Unsur pokok komunikasi bisnis
Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
- Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi
- Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan komunikan.
- Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
- Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
- Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
- Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Fungsi Komunikasi
Komunikasi bisnis ini mempunyai beberapa fungsi antara lain: Informative, regulatory, persuasive, dan integrative. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan berikut.
Informative
Fungsi informative ini sangat diperlukan oleh manajer maupun karyawan guna menyelesaikan tugas-tugasnya secara efisien. Informasi yang dibutuhkan mengenai:
- Sesuatu yang ada kaitannya dengan pekerjaan seperti: Tujuan perusahaan, prosedur, aturan-aturan yang berlaku dll.
- Keberhasilan yang dicapai oleh perusahaan seperti: Standar kerja dan laba.
- Sosio emotional perusahaan secara keseluruhan.
Regulatory
Komunikasi dalam berbisnis juga berfungsi sebagai pengendali dan pengatur perusahaan. Komunikasi tersebut berupa perintah dan laporan.
Persuasive
Fungsi ini tercermin dalam interaksi antar karyawan, di mana seorang karyawan berupaya agar orang yang diajak berkomunikasi menerima ide dan jalan pikirannya.
Integrative
Integratif berfungsi menjadikan organisasi atau perusahaan dapat beroperasi secara utuh dan terpadu, termasuk di dalamnya fungsi koordinasi dan penjadwalan aktivitas, penetapan saluran informasi dan otoritas, serta menarik dan melatih para karyawan.
Bentuk-bentuk Dasar Komunikasi
Dalam dunia bisnis terdapat 2 istilah komunikasi yang biasa digunakan yaitu komunikasi verbal dan nonverbal, berikut penjelasannya.
Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan dan tulisan. Seperti contoh ketika kita membaca surat kabar atau majalah, presentasi dan sebagainya.
Komunikasi verbal ini terdapat 2 tipe yang berbeda berdasarkan aktif atau pasifnya peserta komunikasi dalam proses komunikasi. Dimana komunikasi verbal bisa bertindak sebagai komunikator atau pengirim pesan bisa juga bertindak sebagai audience.
Berkomunikasi secara verbal dibutuhkan juga persiapan apa yang ingin diungkapkan menyusun dalam suatu pola yang berarti, baik dalam bentuk tulisan atau lisan seperti:
- Berbicara dan Menulis
Suatu pesan penting dan kompleks, akan lebih baik apabila disampaikan dengan menggunakan tulisan, seperti surat, memo, dan laporan.
- Mendengarkan dan Menulis
Guna mendapatkan komunikasi yang efektif, maka diperlukan komunikasi 2 arah di mana orang-orang yang terlibat di dalamnya memerlukan keterampilan mendengarakan dan membaca.
Komunikasi Non-Verbal
Dalam komunikasi bisnis, komunikasi nonverbal merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar. Walaupun komunikasi nonverbal mempunyai sifat yang kurang terstruktur sehingga sulit untuk dipelajari.
Seperti memahami ekspresi wajah, simbol-simbol, gerakan tubuh, sandi, warna, dan intonasi. Dalam penyampaian komunikasi ini biasanya dilakukan secara spontan tanpa ada rencana dan terkadang dalam melakukannya tidak sadar.
Beberapa tujuan komunikasi nonverbal ialah:
1. Mengekspresikan emosi.
2. Mengatur alur suatu percakapan.
3. Menyediakan dan memberikan informasi.
4. Mengendalikan atau memengaruhi orang lain.
5. Memberi sifat dan melengkapi , menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal.
6. Mempermudah tugas-tugas khusus.
Terkadang dalam prakteknya terdapat penggabungan antara komunikasi verbal dan nonverbal. Karena terkadang kata-kata yang disampaikan dalam suatu komunikasi hanya membawa sebagian dari pesan saja.
contoh komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, supplier, pemerintah dan investor.
perusahaan
kepada pemerintah
Perusahaan kepada
investor
Nomor :
003/009/DIR/PS/09
Hal : Permohonan Kerjasama Investasi
Lamp : 1 ( bendel ) Proposal
Kepada Yth :
Nama
Alamat
Dengan hormat.
Perkenankanlah kami PT.WEB DESIGN 24 JAM.COM ( WD24 JAM.COM) adalah Perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan perparkiran berbasis teknologi komputer ( WD24 JAM.COM) serta pengembangan Informasi Teknologi dan Jasa Pengamanan Terpadu.
Dan kami telah memiliki perijinan dan dukungan dari instansi terkait dari Pemerintah Daerah setempat, serta pemilik gedung atau Mall yang akan kami kelola dalam bentuk kontrak kerjasama serta sistem management fee ( Amortisasi ) dengan managemen Gedung atau Mall.
Dengan ini mengajukan permohonan kerjasama investasi dengan kondisi sebagai berikut :
1. Nama Proyeks : Mayofield Mall ( Supermall Karawang )
2. Lokasi Proyeks : Jl.Ahmad Yani - Karawang Kota
3. Total Investasi : Rp. 300.000.000,- ( Tiga Ratus Juta Rupiah )
4. Profit Sharing : 55% Investor dan 45% pemilik Proyeks
5. Legalitas : Lengkap pada Proposal terlampir
Dan kami siap Cash Equity sebesar 7, 5% dari nilai pengajuan. Ket : Jika ada katakan ada, jika tidak ada katakan tidak ada. ( jujur ) Pendana siap menalangi dulu, dengan sistim nantinya di potong 2 ( dua ) kali setelah cair.
Demikianlah permohonan kami, kami sangat menunggu berita yang menggembirakan sebagai realisasi dari surat permohonan kami ini, atas kerjasama yang terbina dan perhatian serta bantuan di haturkan banyak terima kasih.
Jakarta, 01 September 2009
Hormat kami,
PT.WD24JAM
Hal : Permohonan Kerjasama Investasi
Lamp : 1 ( bendel ) Proposal
Kepada Yth :
Nama
Alamat
Dengan hormat.
Perkenankanlah kami PT.WEB DESIGN 24 JAM.COM ( WD24 JAM.COM) adalah Perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan perparkiran berbasis teknologi komputer ( WD24 JAM.COM) serta pengembangan Informasi Teknologi dan Jasa Pengamanan Terpadu.
Dan kami telah memiliki perijinan dan dukungan dari instansi terkait dari Pemerintah Daerah setempat, serta pemilik gedung atau Mall yang akan kami kelola dalam bentuk kontrak kerjasama serta sistem management fee ( Amortisasi ) dengan managemen Gedung atau Mall.
Dengan ini mengajukan permohonan kerjasama investasi dengan kondisi sebagai berikut :
1. Nama Proyeks : Mayofield Mall ( Supermall Karawang )
2. Lokasi Proyeks : Jl.Ahmad Yani - Karawang Kota
3. Total Investasi : Rp. 300.000.000,- ( Tiga Ratus Juta Rupiah )
4. Profit Sharing : 55% Investor dan 45% pemilik Proyeks
5. Legalitas : Lengkap pada Proposal terlampir
Dan kami siap Cash Equity sebesar 7, 5% dari nilai pengajuan. Ket : Jika ada katakan ada, jika tidak ada katakan tidak ada. ( jujur ) Pendana siap menalangi dulu, dengan sistim nantinya di potong 2 ( dua ) kali setelah cair.
Demikianlah permohonan kami, kami sangat menunggu berita yang menggembirakan sebagai realisasi dari surat permohonan kami ini, atas kerjasama yang terbina dan perhatian serta bantuan di haturkan banyak terima kasih.
Jakarta, 01 September 2009
Hormat kami,
PT.WD24JAM
Perusahaan kepada supplier
TOKO BUMI ASIH
Jalan MT. Haryono 53
Surabaya
Surabaya,
14 Agustus 2003
Nomor : 71/ BA/ VII – 03
Hal :
PengaduanKualitasBarang
Yth.
Pimpinan UD TANI MAKMUR
Jln. H. Samanhudi 36
Sidoarjo
Dengan hormat,
Kirimansaudaraberupa 89 ton kedelaitelah
kami terimapadatanggal 12 Agustus 2003.Hal iniberartilebihcepatdaripermintaan
kami.Olehkarenaitu kami ucapkanterimakasih.
Perlu kami sampaikanbahwasetelah kami
cekada 20 karungkedelai yang mutunyatidaksesuaidenganpesanan.Daripada 20
karungtersebut kami kembalikan, kami mohonpotonganhargasebesar 20 %.
Jikasaudaratidaksetujudenganpotonganharga,
silakanmengirimutusanuntukmengeceknyadansekalianmohondibawakanpenggantinya.
AtasperhatiandankebijakanSaudara, kami
ucapkanterimakasih.
Hormat
kami,
Boy Wijaya
Konsumen kepada perusahaan
SURAT KLAIM
Bekasi, 12 Mei 2011
No : XXI/Srt-Klaim/PD/VII/2011
Perihal : Komplain Barang Rusak
Lamp : -
Kepada Yth. :
PT. ANUGRAH JAYA MANDIRI
JL. Adiwarman No 12
Jakarta Pusat
Dengan hormat,
Dengan ini kami beritahukan bahwa ada beberapa barang pesanan kami yang kami terima dalam kondisi rusak. Berikut ini adalah daftar barang yang rusak beserta keterangan kerusakannya :
No
|
Deskripsi
|
Jml
|
No. Surat Jalan
|
Keterangan
|
1
|
Meja Makan Persegi Ukuran 180x180x75 cm
|
1
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Ada 4 slat kayu yang lepas tanpa tapping screws
|
2
|
Tempat Koran dan Majalah
|
3
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Kain Kanvas sobek dan galvanise luntur
|
3
|
Meja Telepon
|
2
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Bagian kaki retak dan sambungan dengan table top lepas
|
4
|
TV Cabinet
|
1
|
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
|
Kaca retak sepanjang 30 cm dan handle tidak sesuai pesanan
|
Kami telah mengirimkan beberapa foto melalui email yang memperlihatkan
kondisi barang yang rusak. Mohon untuk di follow up mengingat sudah dekatnya
jadwal stuffing.
Demikian Surat Klaim ini kami buat dengan harapan adanya perbaikan kualitas barang serta keamanan sistem packing sehingga kedepannya tidak terjadi masalah yang sama.
Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih
Hormat kami,
PT. MAKMUR BERKAH SELAMANYA
PT. MAKMUR BERKAH SELAMANYA
Polisio Lapor, SE
Purchase Dept.
0 komentar:
Posting Komentar