Minggu, 19 November 2017

TUGAS 5 (KEWIRAUSAHAAN 2 ) - Sintia Agustin

0

Nama : Sintia Agustin
Kelas  : 2DF02
Npm   : 57216065

TUGAS 5 - KEWIRAUSAHAAN 2

KERANGKA BERPIKIR MEMBINA RELASI HUBUNGAN BAIK UNTUK KERJA SAMA USAHA


Ada banyak cara untuk menjadi sukses. Salah satunya adalah dengan mengadakan kerjasama dengan mitra bisnis. Dengan membina relasi kerjasama usaha yang baik,maka  akan tercipta ketika kerjasama yang sukses.Bukan hal yang mudah untuk mengadakan kerjasama yang bisa berjalan sukses.Dibutuhkan beberapa faktor penentu agar kerjasama berjalan sesuai dengan rencana. Tidak mudah, bukan berarti mustahil untuk dijalankan.

Untuk membina relasi hubungan kerja sama usaha yang baik ada beberapa hal yang harus di perhatikan dan dilakukan.ada faktor internal yang berasal dari pribadi masing-masing dan fsaktor eksternal dari perusahaan yang dapat dijalankan.

Faktor internal

1.Tentukan tujuan 

Tentukan dengan jelas mengapa Anda harus bekerja sama. Apa yang Anda dapatkan? Apa yang bisa Anda berikan? Saat Anda bisa menjawab pertanyaan ini Anda bisa mencari pihak yang tepat untuk diajak kerjasama. Hal ini akan membuat Anda lebih efektif dan fokus pada tujuan Anda untuk melakukan kerja sama usaha.

2.Siapkan profil
Siapkan beberapa materi tentang Anda. gali latar belakang Anda buat menjadi sebuah cerita tentang Anda (atau organisasi Anda). 

3.Buat kesan positif
Berikan kesan positif yang apa adanya. Jangan berlebih-lebihan. Hal ini bisa merusak hubungan relasi dikemudian hari.

4.Fokus pada kualitas bukan kuantitas
Anda boleh membuat sebanyak mungkin jaringan kerjasama. Namun anda harus bisa memlih prioritas mana yang bisa anda bangun kualitas hubungannya. Cari yang benar-benar Anda butuhkan dan memberikan manfaat lebih banyak. Sesuaikan juga dengan kondisi Anda.

5.Hargai pendapat dan kebiasaan mereka
Setiap orang (atau organisasi) mempunyai kebiasaan dan budaya sendiri. Hargai pendapat atau kebiasaan mereka. Jangan pernah membandingkan dengan orang atau organisasi lain yang Anda anggap lebih baik.



6.Tunjukan antusiasme
Tunjukan bahwa anda sangat senang bisa mengenal orang atau organisasi tersebut. Orang akan lebih senang bila orang lain mengenal dan mau memahami mereka.


Faktor eksternal :

1.      Buat visi dan misi bersama

Dinamakan kerjasama, maka Anda harus memulai dengan membangun visi misi bersama. Hal ini penting untuk dilakukan agar ada kesamaan visi dan misi sehingga cita-cita yang ingin diraih juga sama. Bisa saja nantinya akan ada beberapah hal berbeda seperti dalam menentukan langkah yang tepat agar visi misi tercapai. Hal ini wajar karena cara boleh beragam namun visi dan misi harus tetap sama sehingga kerjasama bisa berjalan secara terus menerus karena visi misi merupakan hal yang sangat urgent untuk ditentukan di awal.

2.      Identifikasi serta manfaatkan kekuatan diri dan mitra

Jika visi misi sudah terbentuk, langkah selanjutnya adalah memetakan atau mengidentifikasi serta memanfaatkan kekuatan diri Anda dan mitra bisnis. Ada banyak alasan bagi mitra bisnis Anda kenapa kemudian mereka memilih Anda sebagai partner untuk bekerjasama. Harapan boleh saja mendasari kerjasama ini namun yang terpenting adalah mengetahui kemampuan, keterampilan serta keahlian masing-masing. Jika keahlian masing-masing tidak diabaikan, maka bisa dengan mudah untuk menjalin kerjasama.

3.      Tentukan peran kerja masing-masing

Langkah selanjutnya adalah memberikan peran kerja sesuai dengan kesepakatan yang didasari pada keahlian masing-masing. Jangan memaksakan tugas atau kerja jika mitra tidak sanggup. Temukan solusinya jika ada pekerjaan dimana menjadi tanggungjawab mitra namun mitra tidak memiliki keahlian di bidang tersebut. Pembagian tugas ini harus merata dan dilakukan secara bersama sehingga setiap tugas akan diberikan hanya kepada ahlinya. Dengan cara ini, maka relasi kerja sama bisnis atau perusahaan akan berjalan semakin kuat.

Dengan melakukan hal diatas agar kerjasama yang Anda lakukan berjalan sesuai dengan keinginan dan relasi hubungan akan semakin terjaga.Sehingga jika di gambarkan bagan akan seperti ini :

KERANGKA BERPIKIR MEMBINA RELASI HUBUNGAN BAIK UNTUK KERJA SAMA USAHA


0 komentar:

Posting Komentar