Kamis, 29 Desember 2016

TUGAS 4 SOFTSKILL ILMU ALAMIAH DASAR

0


Nama : Sintia Agustin
Kelas  : 1DF03
NPM  : 57216065

PENDAPAT SAYA TENTANG DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP EKONOMI,BUDAYA,DAN SOSIAL


TERHADAP EKONOMI

Menurut saya teknologi dan ilmu pengetahuan adalah satu kesatuan yang saling berhubungan satu sama lain mengolah,mengumpulkan dan menyajikan informasi.perkembangan teknologi di indonesia saat ini semakin berkembang.teknologi mempunyai dampak dan peran penting bagi perekonomian suatu negara.berbagai aplikasi yang diciptakana dalam suatu teknologi dapat menjadi pendukung atau sebagai fasilitas untuk mengembangkan perekonomian suatu negara.apabila teknologi semakin berkembang maka pertumbuhan ekonomi pun semakin tinggi.tetapi,teknologi juga dapat memberi dampak negatif.banyak orang yang menyalahgunakan teknologi demi mendapat keuntungan dengan cara yang salah seperti tindakan kriminal kasus penipuan dari via handphone,tablet.laptop, dan teknologi lainnya.sedangkan dari dampak positifnya teknologi dapat membuat pertumbuhan ekonomi semakin tinggi,terjadinya industrialisasi dan produktivitas dunia industri semakin meningkat,dll.

TERHADAP SOSIAL

Menurut saya dampak dari perkembangan Teknologi dapat membuat orang semakin mudah dalam berkomunikasi dan bersosialisasi.orang berlomba-lomba dengan ilmu pengetahuan menciptakan segala macam teknologi untuk memudahkan manusia dalam berkomunikasi.masyarakatpun juga semakin mudah mendapatkan segala bentuk informasi yang di publikasikan melalui teknologi.tapi dari sisi negatifnya masyarakat lebih suka berkomunikasi dan bersosialisasi melalui teknologi ketimbang bertemu satu sama lain yang bisa dikatakan sebagai komunikasi hampa.

TERHADAP BUDAYA

Menurut saya kemajuan teknologi terhadap budaya memberikan banyak dampak positif seperti menginformasikan suatu negara bahwa banyak  budaya di negara mana pun di seluruh dunia.teknologi juga membuat memperkenalkannya fashion,musik,film,furniture hasil karya anak bangsa di kenal di manca negara tetapi selain dampak positif juga ada dampak negatifnya membuat pudarnya pemakaian baju adat tradisional khas daerah karena mengikuti zaman sekarang dari budaya barat di lihat dari teknologi,masyarakat cenderung hanya yang berbau instant,mudah terpengaruh  budaya barat dan lain-lain

CONTOH NYATA DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI  TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT KITA


Contoh nyata Dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang:

1.       Bidang Informasi dan komunikasi

Positif :
  1. lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui  internet
  2. dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
  3.  mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.

Negatif:
  1. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
  2. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
  3. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
  4. Kecemasan teknologi, selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

2.       Bidang Ekonomi dan Industri

  1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
  2. Terjadinya industrialisasi
  3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
  4.  Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.

3.       Bidang Sosial dan Budaya

Positif :
  1. Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
  2. Meningkatnya rasa percaya diri.
  3. Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.


Negatif:
  1. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
  2.  Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat
  3. Pola interaksi antar manusia yang berubah.

4.       Bidang Pendidikan

Positif :
  1. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
  2. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
  3.   Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.


negatif
  1. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.
  2.  Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.

5.       Bidang politik

  1. Timbulnya kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru.
  2.  Proses regenerasi kepemimpinan.
  3.  Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme.

0 komentar:

Posting Komentar