Nama : Sintia Agustin
Kelas : 2DF02
Npm : 57216065
TUGAS 2 (KOMUNIKASI BISNIS)
PERSUASI DAN NEGOSIASI
Perbedaan Persuasi dan
Negosiasi
Meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan keuntungan, namun
persuasi dan negosiasi memiliki beberapa perbedaan yakni :
- Persuasi lebih kepada memberikan pengaruh yang dilakukan salah satu pihak, sedangkan negosiasi lebih kepada keputusan yang dilakukan karena hasil keputusan dari kedua belah pihak tanpa ada unsur pemaksaan atau pengaruh.
- Persuasi membiarkan orang lain (persuadee) bebas melakukan apapun yang mereka inginkan setelah persuader berusaha meyakinkan mereka, sedangkan negosiasi tidak diberikan kebebasan karena sudah memutuskan apa yang harus dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama
- Persuader harus mengumpulkan informasi dan fakta sebelum melakukan persuasi dengan orang lain, sedangkan negosiasi tidak membutuhkannya karena mereka akan berhadapan langsung dan mengeluarkan apa saja yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam sebuah negosiasi.
Model dasar persuasi
Proses Komunikasi
Persuasif menggambarkan alur kerja/ tahapan pesan persuasif dikirimkan dari komuniktor hingga
diterima dan diolah oleh
komunikan.
Untuk
mempermudah dalam mempelajari dan menganalisis komunikasi persuasif, seperti halnya
juga ilmu-ilmu yang lain, seringkali digunakan berbagai model. Model adalah
gambaran atau persamaan aspek-aspek tertentu dari peristiwa-peristiwa,
struktur-struktur atau sistem-sistem yang kompleks, yang dibuat dengan
menggunakan simbol-simbol atau objek-objek dengan berbagai cara sehingga
menyerupai sesuatu yang dibuat modelnya tersebut.
Model berfungsi untuk menyederhanakan realitas
sosial dan alam yang kompleks. Selain itu, ia juga, berfungsi sebagai alat
pelajaran dan pengingat yang efektif, membentuk hubungan yang baru, membantu
dalam menelaah berbagai persoalan yang kita hadapi, menemukan sesuatu dengan
cara-cara yang baru, alat kerangka berpikir dalam penelitian, menolong dalam
mengantisipasi berbagai kesulitan dan masalah pekerjaan, serta berbagai urusan
yang kita hadapi.
Komunikasi persuasif adalah suatu proses, yakni
proses mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku orang lain, baik secara verbal
maupun nonverbal. Proses itu sendiri adalah setiap gejala atau fenomena yang
menunjukkan suatu perubahan yang terus-menerus dalam konteks waktu, setiap
pelaksanaan atau perlakuan secara terus-menerus. Ada dua persoalan yang
berkaitan dengan penggunaan proses, yakni persoalan dinamika, objek, dan
persoalan penggunaan bahasa.
FAKTOR YANG MENGHAMBAT PERSUASI
1. Faktor Pengirim Pesan
Faktor
pengirim pesan bisa menjadi salah satu hambatan pada saat komunikasi
berlangsung. Biasanya, pengirim pesan tidak mampu menyampaikan apa yang akan
menjadi inti pesan yang akan disampaikan sehingga terjadi permasalahan ini.
Pengirim pesan yang juga tidak menjelaskan apa informasi yang akan disampaikan
dengan tepat bisa menyebabkan proses komunikasi kurang efektif. Tidak hanya itu
saja, komunikasi yang terjadi juga akan cenderung menjadi kurang bermakna.
2. Faktor Penerima Pesan
Faktor
penghambat selanjutnya justru bisa muncul dari penerima pesan. Ketidakmampuan
penerima pesan dalam menerjemahkan isi pesan dari sender menyebabkan
komunikasi menjadi terhambat. Umumnya ini terjadi apabila penerima pesan tidak
bisa mengenali atau fokus terhadap pesan yang disampaikan. Contohnya, saat
seseorang sedang kurang fokus dalam suatu pembicaraan, maka bisa saja ia
melakukan kesalahan interpretasi. Ini juga faktor yang sering menjadi hambatan komunikasi
organisasi.
3. Media
Penggunaan
media yang tepat bisa menjadikan suatu proses komunikasi berjalan dengan lebih
tepat, dimana informasi atau isi pesan akan tersalurkan dengan baik. Namun
demikian, apabila seseorang salah dalam menggunakan media, maka bisa saja
komunikasi yang terjadi menjadi terhambat. Isi pesan menjadi kurang bisa
diterima sehingga tujuan awal dari komunikasi tidak tercapai dengan baik.
Sebagai contoh, seseorang melakukan penyuluhan kepada kelompok lansia dengan
menggunakan media berupa brosur. Tentunya ini akan menjadikan proses penyuluhan
tidak berjalan dengan baik karena bisa saja para lansia akan kesulitan untuk
membaca informasi yang ada pada brosur. Ini termasuk contoh dalam hambatan komunikasi
tulis.
4. Saluran
Saluran
adalah bagaimana suatu isi pesan dalam komunikasi bisa diteruskan. Apabila
terjadi hambatan dalam saluran, tentu saja komunikasi yang berjalan akan
berlangsung dengan tidak semestinya. Sebagai contoh, seseorang mengalami gangguan
sinyal pada saat melakukan komunikasi via telepon. Ini bisa dikatakan sebagai
salah satu gangguan yang disebabkan akibat saluran. Pola
komunikasi organisasi yang baik diperlukan agar saluran
komunikasi juga tetap baik.
5. Hambatan sosio-antropologis
Hambatan
dengan faktor sosio-antropologis memiliki makna bahwa hambatan yang terjadi
adalah akibat dari faktor sosiologis dan latar belakang budaya individu. Hal
ini bisa digambarkan manakala seseorang yang memiliki keyakinan kuat karena
pengaruh budayanya, terpapar informasi yang bertentangan dengan kepercayaan
sebelumnya. Ini menyebabkan individu tersebut sulit untuk menerima informasi
baru.
6. Hambatan semantis
Hambatan
semantis lebih kepada hambatan yang didasarkan pada bahasa sebagai alat
komunikasi. Perbedaan bahasa yang kemudian tidak terjadi proses penerjemahan di
sana akan menyebabkan terjadinya hambatan ini. Faktor penghambat komunikasi ini
umum terjadi, terutama ketika seseorang dengan kemampuan bahasa yang terbatas
mengunjungi wilayah yang bahasanya sangat berbeda jauh dengan bahasa asal
daerahnya.
7. Hambatan psikologis
Hambatan
psikologis bisa muncul manakala proses komunikasi yang berlangsung dipengaruhi
oleh ketidaksiapan psikologis, baik dari pihak pengirim atau pun penerima
pesan. Hambatan ini akan menyebabkan seseorang menjadi cenderung tidak fokus
saat menerima suatu informasi.
8. Hambatan ekologis
Hambatan
ekologis adalah hambatan yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Lingkungan
yang kurang kondusif akan menyebabkan terhambatnya proses komunikasi yang
diinginkan. Faktor yang
mempengaruhi komunikasi ini memang sering terjadi. Tentu saja
ini berarti bahwa lingkungan harus benar-benar mendukung proses komunikasi agar
hambatan ini tidak terjadi.
FAKTOR YANG MEMPERLANCAR PERSUASI
Segala
sesuatu pasti ada sebab-musababnya. Sama halnya komunikasi persuasif yang
memiliki penyebabnya. Penyebabnya ini yang dinamakan sebagai faktor-faktor yang
mempengaruhi. Komunikasi persuasif yang berhasil diterapkan, pasti memiliki
beberapa faktor. Dan faktor-faktor itu di antaranya :
- Seorang komunikator yang mempunyai kredibilitas tinggi merupakan seorang komunikator yang mempunyai pengetahuan tentang apa yang disampaikannya. Sehingga pesan akan tersampaikan secara jelas dan teratur.
- Pesan haruslah masuk akal agar dapat diterima oleh seorang komunikan yang sebenarnya belum dipahami sama sekali olehnya. Baca juga: Teori Komunikasi Antar Budaya
- Pengaruh lingkungan pun juga dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya kegiatan komunikasi persuasfi ini. Karena, pengaruh lingkungan akan memberikan atmosfir yang mana atmosfir tersebut dapat mempengaruhi pola pikir seseorang, yaitu seorang komunikan. Baca juga: Komunikasi yang Efektif
- Pengertian dan kesinambungan suatu pesan. Itu sebabnya, pesan harus masuk di akal atau logika yang benar.
TAHAPAN NEGOSIASI
1. Persiapan dan perencanaan
Pada tahap ini kita diharapkan bisa memutuskan apa yang kita mau dan kenapa. Pengumpulan data sangat diperlukan untuk mendukung posisi kita. Penyampaian argumen dalam mendukung posisi kita haruslah dengan bijaksana. Selain itu kita juga harus menentukan apa yang diinginkan pihak lain dan kenapa. Mengerti kemampuan kita dan pihak lain serta mengatur dan mengembangkan strategi kita dalam bernegosiasi.
2. Definisi peraturan
Menentukan garis besar dan aturan untuk bernegosiasi, siapa yang akan menjadi bagian dari negosiasi dan masalah apa yang akan kita negosiasikan. Waktu dan tempat negosiasi juga perlu kita tentukan, kapan dilakukan, berapa lama dan lokasi negosiasi.
3. Penjelasan dan pembenaran
Dalam tahap ini masing-masing pihak mengutarakan apa yang diinginkan. Kita bisa memberikan dokumentasi yang diperlukan untuk mendukung posisi kita.
4. Tawar menawar dan penyelesaian masalah
Pencarian solusi dilakukan dalam tahap ini. Kedua belah pihak diharapkan saling fokus pada masalah dan kepentingan bukan pada orang atau posisi. Pandangan kedepan diperlukan untuk mempercepat menemukan titik temu. Mengungkit-ungkit masa lalu akan memperlambat proses penyelesaian masalah. Ide yang menarik dan bervariasi bisa muncul dalam rangka menyelesaikan masalah.
5. Penutupan dan implementasi
Ini adalah tahap terakhir dari negosiasi. Segala sesuatu yang diputuskan bersama hendaknya diformalkan. Hal-hal yang musti dipastikan adalah:
• Dokumen yang sudah disepakati
• Meneliti kembali pon-poin utama untuk menghindari salah pengertian
• Uraikan dengan jelas semua ketetapan dari persetujuan
• Buatlah secara tertulis
• Kedua pihak harus membaca dan menandatangani untuk memperoleh kesepakatan atas apa yang dirundingkan
Pada tahap ini kita diharapkan bisa memutuskan apa yang kita mau dan kenapa. Pengumpulan data sangat diperlukan untuk mendukung posisi kita. Penyampaian argumen dalam mendukung posisi kita haruslah dengan bijaksana. Selain itu kita juga harus menentukan apa yang diinginkan pihak lain dan kenapa. Mengerti kemampuan kita dan pihak lain serta mengatur dan mengembangkan strategi kita dalam bernegosiasi.
2. Definisi peraturan
Menentukan garis besar dan aturan untuk bernegosiasi, siapa yang akan menjadi bagian dari negosiasi dan masalah apa yang akan kita negosiasikan. Waktu dan tempat negosiasi juga perlu kita tentukan, kapan dilakukan, berapa lama dan lokasi negosiasi.
3. Penjelasan dan pembenaran
Dalam tahap ini masing-masing pihak mengutarakan apa yang diinginkan. Kita bisa memberikan dokumentasi yang diperlukan untuk mendukung posisi kita.
4. Tawar menawar dan penyelesaian masalah
Pencarian solusi dilakukan dalam tahap ini. Kedua belah pihak diharapkan saling fokus pada masalah dan kepentingan bukan pada orang atau posisi. Pandangan kedepan diperlukan untuk mempercepat menemukan titik temu. Mengungkit-ungkit masa lalu akan memperlambat proses penyelesaian masalah. Ide yang menarik dan bervariasi bisa muncul dalam rangka menyelesaikan masalah.
5. Penutupan dan implementasi
Ini adalah tahap terakhir dari negosiasi. Segala sesuatu yang diputuskan bersama hendaknya diformalkan. Hal-hal yang musti dipastikan adalah:
• Dokumen yang sudah disepakati
• Meneliti kembali pon-poin utama untuk menghindari salah pengertian
• Uraikan dengan jelas semua ketetapan dari persetujuan
• Buatlah secara tertulis
• Kedua pihak harus membaca dan menandatangani untuk memperoleh kesepakatan atas apa yang dirundingkan
ELEMEN YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN NEGOSIASI
Sebuah permasalahan akan dengan mudah terselesaikan
jika masing-masing pihak memberikan penawaran yang menjadi solusi terbaik dalam
sebuah perundingan. Ada beberapa elemen yang menentukan keberhasilan sebuah
negoisasi, antara lain:
- Kesediaan semua pihak berkompromi dengan pihak lain.
- Tidak ada pihak yang dirugikan.
- Kesepakatan yang dicapai bersifat praktis, dapat dilakukan.
- Alasan yang disertakan mampu mempengaruhi pihak lain.
http://henabiyu.blogspot.com/2010/12/5-tahapan-negosiasi.html
0 komentar:
Posting Komentar