Rabu, 12 Juli 2017

LAPORAN ARUS KAS (Kelompok 11.Annissa Retno K,Raden Velia Rizki A,Raden Velia Rizki A)

0

sintia agustin
kelas :1df03
NPM : 57216065

LAPORAN ARUS KAS 

LAPORAN ARUS KAS


1.       PENGERTIAN
Laporan arus kas (Inggris : cash flow statement atau statement of cash flows) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang (kas ) perusahaan.

2.       KEGUNAAN LAPORAN ARUS KAS
Laporan arus kas melaporkan penerimaan kas, pembayaran kas, dan perubahan bersih pada kas. Yang dihasilkan dari akivitas operasi, investasi dan pendanaan selama satu periode.

1.      Kemampuan entitas dalam memperoleh arus kas dimasa depan
Dengan memeriksa hubugan antar pos pada laporan arus kas, para investor dan pihak lainnya dapat membuat prediksi mengenai jumlah, waktu, dan ketidakpastian mengenai arus kas dimasa depan dengan data yang akurat

2.      Kemampuan entitas untuk membayar dividen dan memenuhi kewajiban
Jika perusahaan tidak memiliki cukup kas, mereka tidak dapat membayar karyawan, melunasi utang, atau membayar dividen. Laporan ini sendiri menunjukkan arus kas dalam kegiatan bisnis.

       3. Alasan atas perbedaan antara angka laba bersih dan kas bersih yang dihasilkan
Laba bersih menyediakan informasi mengenai keberhasilan kegagalan sebuah perusahaan bisnis. Meski demikian, beberapa pihak mengkritik laba bersih berbasis aktual

        4.Transaksi - transaksi investasi dan pendanaan kas selama periode tersebut.

PENGGOLONGAN ARUS KAS

Laporan arus kas menggolongkan penerimaan kas dan pembayaran kas menjadi aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.
1.      Arus kas dari aktivitas operasi merupakan indikator yang menentukan apakah dari operasinya perusahaan dapat menghasilkan arus kas yang cukup untuk melunasi pinjaman, memelihara kemampuan operasi perusahaan, membayar dividen, dan melakukan investasi baru tanpa mengandalkan pada sumber pendanaan dari luar. Aktivitas operasi mencangkup pengaruh kas dari transaksi yang menghasilkan pendapatan dan beban.
2.      Arus kas dari aktivitas investasi mencerminkan penerimaan dan pengeluaran kas sehubungan dengan sumber daya yang bertujuan untuk menghasilkan pendapatan dan arus kas masa depan Aktivitas investasi mencakup : memperoleh  dan menjual investasi dan aset tetap, menunjang uang dan menagih pinjaman.
3.      Arus kas dari aktivitas pendanaan adalah arus kas yang timbul dari penerimaan dan pengeluaran kas sehubungan dengan transaksi pendanaan jangka panjang dengan kreditur dan pemegang saham perusahaan Aktivitas pendanaan mencakup (a) memperoleh kas daripenerbitan utang dan membayarkan jumlah membayarkan jumlah yang dipinjam, (b) memperoleh kas dari pemegang saham dan memberikan pengembalian atas investasi pemegang saham .

AKTIVITAS NON KAS YANG  PENTING
1.      Penerbitan saham biasa untuk membeli aset
2.      Pengubahan (konversi) obligasi menjadi saham biasa
3.      Penerbitan utang untuk membeli aset
4.      Pertukaran aset pabrik

3.       BENTUK DARI LAPORAN ARUS KAS
Bentuk umum dari laporan arus kas menyajikan hasil dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan, serta aktivitas investasi dan pendanaan nonkas yang penting. Arus kas dari aktivitas operasi selalu disajikan pada bagian awal. Kemudian diikuti oleh bagian aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.

4.       MENYUSUN LAPORAN ARUS KAS

1.      METODE LANGSUNG : menyajikan kelompok utama penerimaan kas bruto dan pembayaran kas bruto;
2.      METODE TIDAK LANGSUNG : dimulai dengan laba rugi periode berjalan dan menyesuaikan laba rugi tersebut dengan transaksi non kas, akrual, dan tangguhan dari pos yang penghasilan atau pengeluaran dalam aktivitas inevestasi dan pendanaan

0 komentar:

Posting Komentar