Sabtu, 01 Oktober 2016

TUGAS 1 SOFTSKILL ILMU ALAMIAH DASAR : BAHAYA ROKOK TERHADAP REMAJA

0

Nama : Sintia Agustin
Kelas  : 1DF03
NPM  : 57216065




BAHAYA ROKOK TERHADAP REMAJA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG

masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat pola perilaku, dan juga panuh dengan masalah-masalah.Populasi merokok pada usia dini sangatlah tinggi. Hal ini disebabkan karena kurangnya penyuluhan tentang bahaya rokok di kalangan sekolah atau masyarakat, atau mungkin juga kurangnya kesadaran pada diri mereka.sehingga mereka tidak memperhatikan bahayanya dan juga nanti kedepanya. Latar belakang merokok beraneka ragam, di kalangan remaja dan dewasa pria adalah faktor gengsi dan agar disebut jagoan, malahan ada salah satu pepatah menarik yang digunakan sebagai pembenar atas kebiasaan merokok yaitu `ada ayam jago diatas genteng, ngga merokok ngga ganteng`. Sedangkan kalangan orang tua, stres dan karena ketagihan adalah faktor penyebab keinginan untuk merokok.Harus diakui banyak perokok yang mengatakan bahwa merokok itu tidak enak tetapi dari sekian banyak pamflet, selebaran, kampanye anti rokok, sampai ke bungkus rokoknya diberi peringatan akan bahaya kesehatan dari rokok, tetap tak bisa mengubris secara massal berkurangnya kebiasaan merokok dan jumlah perokok

1.2.RUMUSAN MASALAH
1.                  Apa dampak dari merokok?
2.                 Apa faktor penyebab perilaku merokok pada remaja?
3.                 Bagaimana cara pencegahan agar remaja berhenti merokok ?

1.3.TUJUAN PENULISAN
1.                  mengetahui dampak merokok.
2.                  Mengetahui penyebab remaja merokok
3.                  Mengetahui pencegahan remaja berhenti meroko.

1.4.METODE PENULISAN
Teknik pengumpulan data :  Penulis menyusun karya ilmiah ini dengan melakukan pencarian di internet.

1.5..SISTEMATIKA PENULISAN
               Sebagai gambaran singkat dari tulisan ilmiah ini,penulis menyusun sistematika penulisan menjadi tiga bab yaitu :
BAB I : PENDAHULUAN
               Dalam bab ini membahas tentang latar belakang, rumusan masalah,tujuan penulisan serta sistematika penulisan.
BAB II : PEMBAHASAN
               Dalam bab ini penulis menjelaskan tentang dampak,penyeba dan cara pencegahan bahaya rokok bagi remaja.
BAB III: PENUTUP
Dalam bab ini penulis menjelaskan hipotesa dan kesimpulan bahaya rokok bagi remaja





BAB II
PEMBAHASAN

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm  dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya. Berikut adalah beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam rokok: Nikotin,Tar,Sianida,Cadmium,  Metanol (alkohol kayu), Asetilena, Amonia, Hidrogen sianida,dll
Dampak merokok :
·         Merokok menyebabkan lebih dari 480.000 kematian setiap tahun di Amerika Serikat.
·         Merokok menyebabkan lebih banyak kematian setiap tahunnya dari semua gabungan kondisi berikut : HIV, penggunan narkoba, penggunaan alkohol, kecelakaan bermotor, dan tindakan kejahatan.
·         Merokok menyebabkan sekitar 90% (atau 9 dari 10) dari semua kematian akibat kanker paru-paru pada pria dan wanita.
·         Sekitar 80% (atau 8 dari 10) kasus kematian akibat penyakit paru obstruktif kronik disebabkan oleh merokok.
·         Risiko kematian akibat merokok terus meningkat selama 50 tahun terakhir baik pada pria maupun wanita.
·          
Faktor penyebab merokok pada remaja

Ada beberapa faktor yang mendorong remaja untuk merokok, di antaranya:

1. Faktor orangtua dan keluarga
Salah satu temuan tentang remaja perokok adalah bahwa anak-anak muda yang berasal dari rumah tangga yang tidak bahagia, dimana orang tua tidak begitu memperhatikan anak-anaknya dan memberikan hukuman fisik yang keras lebih mudah untuk menjadi perokok dibanding anak-anak muda yang berasal dari lingkungan rumah tangga yang bahagia.

2. Temanku merokok
Banyak fakta membuktikan bahwa remaja perokok, kemungkinan besar teman-temannya juga perokok, dan sebaliknya. Diantara remaja perokok terdapat 87% mempunyai sekurang-kurangnya satu atau lebih sahabat yang perokok begitu pula dengan remaja non perokok (Al Bachri, 1991).

3. Pribadiku
Ada yang mencoba merokok hanya karena alasan ingin tahu. Mungkin juga karena ingin mengobati rasa sakit fisik maupun jiwa, mengusir bosan. Selain alasan tersebut, konformitas sosial juga menjadi pemicu. Orang yang memiliki skor tinggi pada tes konformitas sosial lebih mudah menjadi pengguna dibandingkan dengan mereka yang memiliki skor yang rendah (Atkinson, 1999).

4. Iklan rokok ternyata…
Iklan-iklan di berbagai media yang memberikan gambaran bahwa perokok adalah lambang keglamouran, cowok banget, memicu remaja untuk ikut berperilaku seperti itu.

 Peran  Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Rokok Bagi Remaja

  1. Memahami penyebab remaja merokok
  2. Tetap mengatakan tidak untuk rokok
  3. Orang tua Memberi contoh yang baik dengan tidak ikut merokok
  4. Mengetahui dampak buruk dari rokok
  5. Menekankan bahwa rokok bisa menyebabkan kecanduan





BAB III
HIPOTESA & KESIMPULAN

  • hipotesa

Zat yang terkandung didalam rokok sangat berbahaya. Populasi merokok pada usia dini sangatlah tinggi. Hal ini disebabkan karena kurangnya penyuluhan tentang bahaya rokok di kalangan sekolah atau masyarakat,  juga kurangnya kesadaran pada diri mereka. Merokok menyebabkan lebih banyak kematian setiap tahunnya. Risiko kematian akibat merokok terus meningkat terakhir baik pada pria maupun wanita. di kalangan remaja faktor merokok adalah gengsi dengan teman,mengusir rasa bosan,rasa penasaran,dan sebaginya Sedangkan kalangan orang tua, stres adalah faktor penyebab keinginan untuk merokok. Rokok sangat berdampat buruk bagi kesehatan pengonsumsinya.
  • kesimpulan

Sebagian orang beranggapan merokok  sebenarnya bisa dikatakan sebagai lambang kedewasaan, merujuk kalau yang mengkonsumsi rokok itu adalah para orang dewasa. Hal inilah yang menimbulkan dorongan dalam diri remaja untuk mencobanya.merokok di kalangan dewasa,remaja dan anak anak dapat  menimbulkan efek negatif seperti merokok dapat merusak kesehatan tubuh.bahkan merokok dapat mengakibatkan efek yang sangat fatal yaitu dapat ,menyebabkan kematian.

            Dengan tidak merokok dapat mengurangi resiko kematin pria maupun wanita dengan cara hidup sehat dan di mulai dari diri sendiri yaitu dengan mempunyai prinsip selalu hidup sehat.






sumber : 


0 komentar:

Posting Komentar